Senin, 10 September 2012

CARA PERAWATAN KOMPUTER

Memiliki komputer sama hal nya kita memiliki kendaraan yang senantiasa memerlukan perawatan supaya bisa bekerja optimal. Perawatan komputer yang dilakukan secara rutin dapat membantu memperpanjang usia pakai komputer dan menghindari kerusakan atau kesalahan (error) dalam pemakaian sehari-hari dan mengurangi biaya perbaikan. Dalam perawatan perlu menghindari kondisi yang dapat menyebabkan kesalahan dan kerusakan yang tidak dikehendaki. Beberapa penyebab yang harus dihindari dan pengaruhnya terhadap fungsi kerja komputer antara lain:
1.        Debu
Debu merupakan musuh komputer. Komputer PC memungkinkan debu masuk kedalam casing CPU, monitor, keyboard, mouse, dan printer. Debu atau kotoran lain seperti asap, bahan kimia, serat karpet, sisa-sisa makanan dan minuman, serta partikel halus lainnya merupakan benda yang harus dihindarkan dan selalu dibersihkan dari ruang komputer. Debu yang terletak di luar komputer tidak terlalu serius akibatnya, namun debu yang terletak di dalam komputer atau di dalam periferal komputer dapat menyebabkan kerusakan misalnya menyebabkan hubung singkat antar komponen dalam motherboard komputer dan rangkaian dalam perangkat periferal lainnya. Sebagai pencegahan kerusakan akibat debu perlu dilakukan hal-hal sebagai berikut:
a.       Jangan membawa makanan dan minuman ke dalam ruang komputer
b.      Jangan merokok di dalam ruang komputer
c.       Jangan menggunakan karpet sebagai alas/lantai.
a.       Bersihkan debu-debu yang melekat di meja, kursi, lantai, serta tampat-tempat lain dalam ruangan tempat meletakkan komputer atau laboratorium
b.      Bersihkan juga debu-debu yang melekat pada casing komputer, keyboard, mouse, monitor, dan printer.
c.       Gunakan penyedot debut dalam membersihkan debu, jangan menggunakan kemoceng,  sapu, atau kuas karena hanya menghamburkan debu ke lain tempat.
2.        Panas
Setiap peralatan elektronik akan menghasilkan panas. Komponen elektronik di dalam komputer akan menghasilkan terutama pada bagian motherboard (CPU) dan monitor. Jika panas ini tidak diredam, maka akan menyebabkan kerusakan. Panas yang berlebihan pada prosesor dan memori akan menyebabkan fungsi sistem menjadi terganggu dan mengurangi usia komponen. Pencegahan kerusakan akibat panas adalah:
a.       Hindari sinar matahari langsung.
b.      Berikan ruang sirkulasi udara yang cukup dalam meletakkan komputer dan periferal lainnya.
c.       Buka cover (penutup) komputer, monitor, dan printer saat digunakan
d.      Bila memungkinkan gunakan AC.
3.        Medan Elektromagnet
Medan elektromagnet disebabkan oleh kabel listrik, transformator, magnet speaker, dan sebagainya. Medan elektromagnet akan mengacaukan fungsi komputer, merusak data dalam media penyimpan magnetis (misanya harddisk), dan merusak tampilan pada layar monitor. Sebagai pencegahan pengaruh elektromagnet terhadap fungsi kerja komputer dan periferal adalah:
a.         Jauhkan telepon yang menggunakan bel magnetik
b.         Jauhkan speaker aktif dari komputer, monitor, dan eksternal harddisk
c.         Jangan meletakkan media penyimpan magnetis (disket, eksternal harddisk) di dekat monitor, printer, speaker aktif, serta periferal lain yang menghasilkan elektromagnetik.
d.        Jauhkan trafo penstabil tegangan dari komputer, periferal, dan penyimpan datamagnetis.
4.        Gangguan Daya Listrik
Gangguan daya listrik yang paling sering terjadi adalah fluktuasi tegangan listrik, seringnya terjadi pemadaman listrik secara mendadak oleh PLN, serta noise (derau). Fluktuasi tegangan listrik disebabkan oleh peralatan yang cukup besar (di atas 100 Watt) atau peralatan listrik yang berdaya kecil namun memiliki arus awal yang cukup besar, atau komputer dan monitor itu sendiri. Fluktuasi tegangan tejadi saat peralatan dihidupkan. Gangguan berupa derau dapat dihasilkan dari lampu TL yang sedang menyala, transformator, lampu dimmer yang kurang baik kualitasnya, serta peralatan listrik yang mengguakan induksi elektromagnetik lainnya. Fluktuasi yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan kerusakan atau terganggunya fungsi kerja semikonduktor dalam komputer misalnya mengakibatkan komputer atau periferal menjadi macet (hang), atau dapat mengakibatkan media penyimpan rusak (crash). Pencegahan yang dapat dilakukan adalah:
a.         Kontak listrik harus selalu baik, stop kontak yang sudah kendor harus diganti.
b.         Gunakan stabilisator tegangan (sering disebut Stavolt) baik secara terpusat atau sendiri-sendiri di setiap komputer.
c.         Gunakan UPS untuk mengantisipasi seringya terjadi pemadaman dari pihak PLN.
5.        Jangan meletakkan Speacker Active terlalu dekat dengan monitor. Karena medan magnet yang ada pada speaker tersebut akan mempengaruhi monitor yaitu warna monitor menjadi tidak rata atau belang-belang.
6.        Pasang kabel ground. Apabila casing CPU nyetrum, ambil kabel dengan panjang seperlunya, ujung satu dihubungkan dengan badan CPU (pada casing) sedangkan ujung yang lain ditanam dalam tanah. Hal ini akan dapat menetralkan arus listrik sehingga dapat membuat komponen elektronik lebih awet.
7.        Uninstall atau buang program yang tidak berguna. Ruang harddisk yang terlalu banyak tersita akan memperlambat proses baca/tulis (read/write) harddisk sehingga beban kerja komputer akan lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak. Biasanya akan muncul warning jika ruang (space) hardisk sudah mulai penuh.
8.        Bersihkan Recycle Bin secara rutin. Sebenarnya file/folder yang kita hapus tidak langsung hilang dari harddisk karena akan ditampung dahulu di Recycle Bin, meskipun ada beberapa jenis pengaturan yang bisa kita gunakan antara lain memberikan peringatan saat menghapus, hapus lalu simpan di tempat sementara atau hapus permanen. Pengaturan untuk jenis “hapus lalu disimpan ditempat penampungan” ini bertujuan agar suatu saat apabila Anda masih membutuhkannya dapat mengembalikan lagi. Recycle Bin yang sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yang dapat menyebabkan pembacaan harddisk menjadi lambat.
9.        Tutup/close program yang tidak berguna, karena setiap program yang dijalankan atau di-load akan membutuhkan memory (RAM) sehingga semakin banyak program yg dijalankan semakin banyak memory yang terpakai. Hal ini selain dapat menyebabkan komputer berjalan lambat (lelet) juga beban kerja menjadi lebih berat yang akhirnya dapat memperpendek umur komponen/komputer.
10.    Aktifkan screensaver. Selain bersifat estetis, screensaver mempunyai fungsi lain yang penting. Monitor CRT seperti halnya televisi menggunakan fosfor untuk menampilkan gambar. Kalau monitor menampilkan gambar yang sama untuk beberapa saat yang cukup lama maka ada fosfor yang menyala terus menerus. Hal ini dapat mengakibatkan monitor bermasalah yaitu gambar menjadi redup/kurang jelas. Lain halnya jika monitor adalah jenis LCD atau LED yang sudah dilengkapi dengan energy saving, maka screensaver tidak terlalu dibutuhkan lagi.
11.    Install program antivirus dan update secara berkala. Jenis virus/trojan2 dapat dikenali menggunakan antivirus yang selalu di-update secara berkala. Virus yang terlanjur menyebar di komputer dapat menyebabkan instalasi ulang perangkat lunak pada komputer. Hal ini selain membutuhkan biaya juga akan menyebabkan harddisk komputer akan lebih cepat rusak dibanding apabila tidak sering diinstall ulang.
12.    Update Virus:
a.         Lakukan update database antivirus,
b.         Lakukan scanning secara kontinu,
13.    Defrag harddisk secara berkala. Fungsi defrag adalah untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write. Dengan demikian, beban kerja akan lebih ringan yang akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk.

Selasa, 31 Juli 2012

JAWABAN UTS PTI ANGKATAN 6 KODE SOAL 18


1.        Menurut kamus umum besar Bahasa Indonesia, Teknologi adalah Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, atau ilmu pengetahuan terapan dan kata informasi artinya penerangan, pemberitahuan, kabar atau berita tentang sesuatu. Informasi itu sendiri berasal dari data yang belum jadi/mentah yang memerlukan sebuah alat pengolahan dan penyampaian kepada khalayak umum dengan cepat, tepat dan praktis. Alat tersebut  adalah teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa Teknologi Informasi adalah ilmu terapan yang digunakan unuk mengolah data mentah menjadi data jadi (informasi) dengan menggunakan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi sebagai sarana untuk penyampaian informasi    
2.      Komputer merupakan rangkaian berbagai perangkat keras elektronik dan perangkat lunak membentuk suatu sistem komputer, perangkat keras berupa prosesor, VGA, motherboard, soundcard, landcard, keyboard, mouse, monitor, printer dan speaker dan perangkat lunak diantaranya adalah perangkat lunak sistem operasi, sistem aplikasi dan utility. Dapat disimpulkan bahwa komputer adalah rangkaian alat-alat elektronik yang dijalankan oleh software-software yang terdiri dari deretan intruksi untuk mengendalikan/menjalankan sistem komputer untuk mengolah data mentah menjadi data jadi/informasi yang diperlukan.
3.        Piranti komputer adalah hardware komputer, piranti komputer terdiri dari perangkat masukan, perangkat proses dan perangkat keluaran yang secara bersama-sama menjalankan fungsi-fungsi tertentu untuk menghasilkan informasi tertentu sesuai kebutuhan. Piranti tersebut diantaranya dibedakan menjadi dua kelompok :
a.       Piranti Masukan : Keyboard berfungsi sebagai alat input data, touchpad dan mouse sebagai penunjuk dalam memilih ikon-ikon tertentu yang berhubungan dengan kebutuhan pengguna, barcode reader untuk mengambil data dari  gambar terformat, scanner untuk mengambil data dari dari gambar tak terformat, microphone untuk memasukan suara,  kamera video untuk mengambil suara dan gambar, sensor untuk membaca kartu, glove untuk merekam gerakan
b.      Piranti Keluaran :  Monitor untuk menampilkan gambar, grafik, video., printer untuk mencetak, speaker untuk menghasilkan suara, plotter untuk mencetak gambar besar, com untuk membaca data dari microfilm
4.        Pemograman berasal dari kata dasar program yang artinya kumpulan intruksi-intruksi yang dibuat oleh seorang programmer dan istilah pemograman adalah urutan perintah-perintah yang memungkinkan komputer dapat melaksanakan perintah-perintah tersebut sesuai dengan keinginan pengguna. Dalam pemograman dikenal dengan adanya istilah bahasa pemograman, hal ini penting karena komputer tidak akan dapat menjalankan bahasa manusia untuk menghasilkan suatu pekerjaan atau proses tertentu, Bahasa pemograman telah mengalami perkembangan, dari bahasa yang cukup rumit hingga ke bahasa yang sederhana, perkembangan tersebut adalah secara berturut-turut ENIAC, Low Level Language, High Level Language dan Object Oriented Language
5.        Multimedia berasal dari dua kata yaitu multi dan media. Multi artinya banyak atau bermacam-macam dan kata media artinya sarana untuk menyampaikan pesan. Sehingga kata multimedia dapat diartikan sebagai sarana untuk menyampaikan pesan berdimensi banyak (suara, gambar dan video) dengan bantuan teknologi komputer . Multimedia telah digunakan di berbagai bidang kehidupan, diantaranya di dunia bisnis dan pendidikan. Dalam dunia pendidikan multimedia dipergunakan untuk menyampaikan bahan pembeajaran interaktif kepada siswa yang memungkinkan dapat membangkitkan persepsi, motivasi dan hasil belajar yang optimal berlebih penggunaan multimedia di level pendidikan Dasar karena sesuai dengan tahap perkembangan siswa yang mana multimedia dapat memindahkan phenomena yang sulit untuk dilaksanakan pada situasi yang sebenarnya, penggunaan multimedia dalam pendidikan dapat meningkatkan retensi pembelajaran yang cukup tinggi sekitar 50 % dibandingkan dengan pembelajaran yang hanya menggunakan satu sarana saja yaitu sekitar 10 %
6.        Internet kependekan dari interconnection network. Komponen internet adalah komputer-komputer, server, ISP, sehingga internet dapat diartikan komputer-komputer dan alat elektronik lainya yang saling berhubungan melalui jaringan yang sangat besar. Internet bisa dikatakan sebagai database besar atau perpustakaan besar, dimana orang/lembaga dapat menambah dan mengkopi dari dan ke jaringan internet yang di kenal dengan istilah upload dan download. Internet juga memungkinkan orang dapat berhubungan tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu dengan berbagai cara, berkirim surat, chatting, telekonfrence. Internet juga dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran dimana pebelajar dapat berinteraksi dengan sumber informasi secara online dan juga siswa dapat secara langsung berkunjung ke perpustakaan internet untuk mencari bahan yang dibutuhkan. 
7.        A. Boolean Search Operator  
Boolean Search Operator adalah sebuah operasi yang digunakan untuk membatasi munculnya kata-kata ganda di halaman pencarian atas sejumlah prase yang dicari. Misalkan kita ketik prase TEORI PEMBELAJARAN, maka kalau tidak menggunakan operasi Boolean maka mesin pencari akan menampilkan pengertian dari teori dan pembelajaran, padahal kita hanya memerlukan mengenai teori pembelajaran saja.
B.       Operating Sistem adalah suatu software yang berfungsi untuk menjalankan sebuah komputer dan merupakan induk dari software-software aplikasi. Contoh software operating sistem adalah Microsoft Windows, Mac OS, UNIX dan Linux dan operating sistem ini telah meluncurkan banyak versi.  
C.       Chatting berkata dasar “chat” berasal dari bahasa Inggris yang artinya “mengobrol” Kata Chatting adalah kata benda yang artinya “ngobrol/obrolan”. CHATTING yang berkitan dengan internet adalah suatu program dalam Internet untuk berkomunikasi berupa teks atau suara secara langsung antara pemakai Internet yang sedang sama-sama menggunakan Internet.
D.      VGA adalah sebuah hardware komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik atau tampilan layar pada monitor

Minggu, 29 Juli 2012

Multimedia dalam pembelajaran


Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu dan koneksi sehingga pengguna dapat melakukan interaksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia terbagi menjadi dua kategori, yaitu: multimedia linier dan multimedia interaktif. Multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya: TV dan film. Multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah pembelajaran interaktif, aplikasi game, dll. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan dan juga dimanfaatkan dalam dunia dunia pendidikan sebagai alat untuk mempermudah dan meningkatkan hasil proses belajar siswa di kelas. multimedia dalam pendidikan yakni media yang digunakan sebagai alat dan bahan kegiatan pembelajaran. proses belajar mengajar hakekatnya adalah proses komunikasi, penyampaian pesan dari pengantar ke penerima. Pesan berupa isi/ajaran yang dituangkan ke dalam simbol-simbol komunikasi baik verbal (kata-kata dan tulisan) maupun nonverbal, proses ini dinamakan encoding. Penafsiran simbol-simbol komunikasi tersebut oleh siswa dinamakan decoding. Dalam penafsiran tersebut ada kalanya berhasil, dan adakalanya tidak berhasil atau gagal. Dengan kata lain dapat dikatakan kegagalan/ketidakberhasilan dalam memahami apa yang didengar, dibaca,dilihat atau diamati. Kegagalan/ketidakberhasilan itu di sebabkan oleh gangguan yang menjadi penghambat komunikasi yang dalam proses komunikasi dikenal dengan istilah barriers atau noise. Semakin banyak verbalisme semakin abstrak pemahaman yang diterima. Lantas dimana fungsi media?kita melihat diagram cone of learning dari Edgar Dale yang secara jelas memberi penekanan terhadap pentingnya media dalam pendidikan. Secara umum dapat dikatakan media mempunyai kegunaan, antara lain:
1. Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis.
2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu tenaga dan daya indra.
3. Menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar.
4. Memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori & kinestetiknya.
5. Memberi rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman & menimbulkan persepsi yang sama.
Selain itu, kontribusi media pembelajaran menurut Kemp and Dayton, 1985:
1. Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
2. Pembelajaran dapat lebih menarik
3. Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
4. Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
5. Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
6. Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
7. Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan
8. Peran guru berubahan kearah yang positif
Karakteristik dan kemampuan masing-masing media perlu diperhatikan oleh guru agar mereka dapat memilih media mana yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Sebagai contoh media kaset audio, merupakan media auditif yang mengajarkan topik-topik pembelajaran yang bersifat verbal seperti pengucapan (pronounciation) bahasa asing. Untuk pengajaran bahasa asing media ini tergolong tepat karena bila secara langsung diberikan tanpamedia sering terjadi ketidaktepatan yang akurat dalam pengucapan pengulangan dan sebagainya. Pembuatan media kaset audio ini termasuk mudah, hanya membutuhkan alat perekam dan narasumber yang dapatberbahasa asing, sementara itu pemanfaatannya menggunakan alat yang sama pula.
KELOMPOK MEDIA MEDIA INSTRUKSIONAL
1. Audio : pita audio (rol atau kaset), piringan audio, radio (rekaman siaran)
2. Cetak : buku teks terprogram, buku pegangan/manual, buku tugas
3. Audio – Cetak : buku latihan dilengkapi kaset, gambar/poster (dilengkapi audio)
4. Proyek Visual Diam : film bingkai (slide), film rangkai (berisi pesan verbal)
5. proyek visual diam dengan audio : film bingkai (slide) suara, film rangkai suara
6. Visual Gerak : film bisu dengan judul (caption)
7. Visual Gerak dengan Audio : film suara, video/vcd/dvd
8. Benda : benda nyata, model tirual (mock up)
9. Komputer media berbasis komputer; CAI (Computer Assisted Instructional) & CMI (Computer Managed Instructiona

PERANGKAT KERAS UNTUK MENGAKSES INTERNET


Teknologi merupakan suatu alat untuk mempermudah pekerjaan, internet merupakan hasil karya teknoogi informasi dan komunikasi, keberadaan internet sangat membantu manusia untuk melakukan berbagai hal dengan sangat mudah, misalnya mencai suatu informasi, berkomunikasi baik komunikasi verbal maupun tertulis, berkomunikasi secara verbal diantaranya melalui yahoo massanger, kita bisa melakukan telekonfren sederhana,  berkomunikasi secara tertulis dengan menggunakan facebook, saling mengirim surat melalui e-mail sebagai salah satu layanan internet. Sungguh manusia sedang berada dalam kemajuan yang besar dan praktis, kita dapat berkomunikasi dimanapun kita berada melintasi batas-batas tertentu bahkan dunia.
Internet kependekan dari interconnection-networking, secara bahasa adalah hubungan secara global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Internet ialah sistem komputer umum, yang terhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Untuk bisa melakukan komunikasi dengan menggunakan layanan internet, kita harus terhubung ke internet. Akses ke internet memiliki berbagai cara diantaranya :
1.         Akses internet dengan dial-up
Akses melalui jaringan telepon yang terhubung ke modem dan dilanjutkan ke ISP (Public Switched Telephone Network (PSTN)
2.         Akses internet dengan leased line
Akses melalui kabel telepon yang secara khusus dihubungkan ke ISP dan tidak digunakan untuk keperluan lain
3.         Akses internet dengan system nirkabel
Akses demgan menggunakan gelombang radio untuk mentranmisikan data dan informasinya
4.          Akses internet dengan system telepon seluler
Handphone dapat digunakan untuk mengakses internet dengan syarat HP sudah memiliki fasilitas GPRS dan Sim Card kecepatan koneksinya antara 56-114 kbps
5.         Wireless fidelity (wi-fi)
6.         Jaringan TV kabel
Perangkat keras yang diperlukan untuk akses internat diantaranya
1.         Komputer
2.         Modem
Modem dikelompokan menjadi 3 kategori
1.       Modem internal, modem yang dipasang menjadi satu kesatuan dengan motherboard
2.       Modem Eksternal, merupakan perangkat modem yang terpisah dari kotak CPU dan dihubungkan dengan kabel atau elektromagnetik
3.       Modem nirkabel
Modem yang terhubung dengan pemancar menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengakses internet