Minggu, 29 Juli 2012

PERANGKAT KERAS UNTUK MENGAKSES INTERNET


Teknologi merupakan suatu alat untuk mempermudah pekerjaan, internet merupakan hasil karya teknoogi informasi dan komunikasi, keberadaan internet sangat membantu manusia untuk melakukan berbagai hal dengan sangat mudah, misalnya mencai suatu informasi, berkomunikasi baik komunikasi verbal maupun tertulis, berkomunikasi secara verbal diantaranya melalui yahoo massanger, kita bisa melakukan telekonfren sederhana,  berkomunikasi secara tertulis dengan menggunakan facebook, saling mengirim surat melalui e-mail sebagai salah satu layanan internet. Sungguh manusia sedang berada dalam kemajuan yang besar dan praktis, kita dapat berkomunikasi dimanapun kita berada melintasi batas-batas tertentu bahkan dunia.
Internet kependekan dari interconnection-networking, secara bahasa adalah hubungan secara global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Internet ialah sistem komputer umum, yang terhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Untuk bisa melakukan komunikasi dengan menggunakan layanan internet, kita harus terhubung ke internet. Akses ke internet memiliki berbagai cara diantaranya :
1.         Akses internet dengan dial-up
Akses melalui jaringan telepon yang terhubung ke modem dan dilanjutkan ke ISP (Public Switched Telephone Network (PSTN)
2.         Akses internet dengan leased line
Akses melalui kabel telepon yang secara khusus dihubungkan ke ISP dan tidak digunakan untuk keperluan lain
3.         Akses internet dengan system nirkabel
Akses demgan menggunakan gelombang radio untuk mentranmisikan data dan informasinya
4.          Akses internet dengan system telepon seluler
Handphone dapat digunakan untuk mengakses internet dengan syarat HP sudah memiliki fasilitas GPRS dan Sim Card kecepatan koneksinya antara 56-114 kbps
5.         Wireless fidelity (wi-fi)
6.         Jaringan TV kabel
Perangkat keras yang diperlukan untuk akses internat diantaranya
1.         Komputer
2.         Modem
Modem dikelompokan menjadi 3 kategori
1.       Modem internal, modem yang dipasang menjadi satu kesatuan dengan motherboard
2.       Modem Eksternal, merupakan perangkat modem yang terpisah dari kotak CPU dan dihubungkan dengan kabel atau elektromagnetik
3.       Modem nirkabel
Modem yang terhubung dengan pemancar menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengakses internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar