Kamis, 12 Juli 2012

Kegunaan Microsoft Office Excel


Software pada komputer secara umum dibedakan menjadi 2 (dua jenis), yaitu : Software Operating Sistem dan Software Program Apikasi. Software sistem operasi merupakan sumber dari software aplikasi yang dapat mengijinkan software aplikasi untuk berjalan. Contoh dari software operating sistem ini adalah Window Vista, Mac OS X dan Linux, Apple, Machintos dll, dan pada software inilah program aplikasi lainnya di install. Software aplikasi adalah software yang dibuat khusus untuk mengerjakan suatu pekerjaan tertentu, software aplikasi diinstal pada komputer yang sesuai dengan os yang ada, dimana software aplikasi ini diinstal sesuai dengan kebutuhan User (Pengguna) contohnya, MS Office (Ms Word, Ms Excell, Ms Power Point dll), Software Grafis (Adobe Photoshope, Corel Draw, Autocad dll). MS Office Excel adalah salah satu bagian dari software program aplikasi Microsoft office, yang fungsinya sangat membantu pekerjaan, baik di sekolah, maupun di perusahaan, Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007. Kegunaan Microsoft excel adalah sebagai berikut:
1)        Kalkulasi Matematis, kalkulasi matematis digunakan untuk mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta berbagai variasinya.
2)        Bidang Akuntansi , contoh dari penggunaan program microsoft excel dalam bidang akuntansi adalahmenghitung jumlah rugi/laba suatu perusahaan, mencari besarnya keuntungan selamasatu tahun, menghitung gaji karyawan, dan sebagainya.
3)        Pembuatan grafik, Excel dapat digunakan untuk membuat grafik, misalnya grafik perkembangan nilai matematika siswa dalam tiga tahun, grafik perkembangan jumlah penduduk selama satu tahun, grafik kunjungan siswa ke perpustakaan selama satu tahun, grafik kelulusan siswa selama lima tahun, dan sebagainya.
4)        Operasi Tabel, dengan jumlah baris pada microsoft excel yang mencapai banyak dan jumlah kolomyang banyak pula, maka tidak akan merasa kesulitan apabila melakukan input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.
5)        Pengelolaan Data, penggunaan pengelolaan data yaitu untuk pengelolaan data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar