Minggu, 30 September 2012

MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENDIDIKAN


Pengaruh globalisasi semakin terasa dengan semakin banyaknya saluran informasi dalam berbagai bentuk seperti elektronik maupun non elektronik seperti surat kabar, majalah, radio, televisi, telepon, fax, komputer, internet, satelit komunikasi dan sebagainya. Teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang cenderung akan mempengaruhi segenap bidang kehidupan termasuk bidang pendidikan. secara khusus dengan adanya teknologi informasi untuk pendidikan dirasakan adanya kecenderungan  pertama, bergesernya pendidikan dari sistem berorientasi pada guru ke sistem berorientasi pada siswa.  kedua, tumbuh dan makin memasyarakatnya pendidikan jarak jauh, pendidikan jarak jauh adalah sekumpulan metode pengajaran dimana aktivitas pengajaran dilaksanakan secara terpisah dari aktivitas belajar. Pemisah kedua kegiatan tersebut dapat berupa fisik (tempat tinggal yang jauh dari institusi pendidikan).  pemisah dapat pula jarak non fisik yaitu berupa keadaan yang memaksa seseorang yang tempat tinggalnya dekat dari lokasi institusi pendidikan, namun tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran. Keterpisahan kegiatan pengajaran merupakan ciri khas dari pendidikan jarak jauh. Pendidikan jarak jauh merupakan salah satu alternative pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan. sistem ini dapat mengatasi beberapa masalah yang timbul akibat keterbatasan tenaga pengajar yang berkualitas. Ketiga, semakin banyaknya pilihan sumber belajar. Sumber belajar adalah berbagai media yang dapat dimanfaatkan untuk belajar, guru bukan satunya sumber belajar, anak dapat belajar dari mana saja, dari lingkungan yang alami dan lingkungan yang sengaja dibuat oleh guru untuk belajar seperti mobile learning, e-learning dan internet, perpustakaan, laboratorium dan sebagainya  keempat, diperukanya standar kualitas global dalam persaingan global. Kelima, semakin diperlukanya konsep pendidikan sepanjang hayat.
Teknologi informasi adalah teknologi komputer dan telekomunikasi untuk mengelolah data menjadi informasi yang berguna. Teknologi komputer telah memberikan suatu pengaruh yang sangat besar terhadap masyarakat luas dan dunia pada umumnya, telah memasuki semua aspek kehidupan, dan telah mampu menempuh batas-batas budaya, geografis, politik, ekonomi dengan tidak dibatasi ruang dan waktu. Apalagi teknologi komunikasi semakin mendukung pemanfaatan teknologi informasi (TI). Teknologi informasi menggunakan telekomunikasi sebagai media transfer data. Manfaat Teknologi Informasi dalam bidang pendidikan dintaranya :
1.        Terciptanya sistem pembelajaran elektronik seperti E-learning, Distance learning dan Virtual university  
2.        Sebagai alat pendidikan, seperti pembelajaran perangkat pemecahan masalah, perangkat simulasi, perangkat tutorial dan perangkat drill
3.        Sebagai alat pengelolaan tata usaha pendidikan. Penyelesaian tugas-tugas sekolah merupakan pekerjaan yang tidak mudah, dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi pekerjaan dapat dikerjakan lebih cepat, tepat dan berkualitas.
Kemajuan teknologi informasi merupakan tantangan bagi stakeholder pendidikan. kemajuan TI tidak akan berarti apabila guru, siswa, orang tua, pengelola pendidikan, masyarakat dan pemerintah tidak memiliki komitmen untuk mengembangkanya. Pemerintah harus berupaya membangun  fasilitas-fasilitas berbau teknologi informasi untuk pendidikan yang memungkinkan dapat dimanfaatkan oleh siswa dan sekolah seperti perluasan jaringan internet. guru harus memiliki komitmen untuk meningkatkan kompetensi teknologi informasi, sehingga dapat mendukung keberhasilan pendidikan di sekolah. Kini pemerintah sedang mengupayakan berbagai laporan dapat dikirim secara online, sementara kompetensi para pengelola pendidikan dan fasilitas  TI terutama di daerah sangat minim, fasilitas teknologi yang belum menyentuh daerah terpencil merupakan salah satu terhambatnya pemanfaatan teknologi informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar